Welcome to my blog !
Blog ini dibuat sebagai wadah uneg-uneg, pendapat, ide, tips, dan lain-lain. Semoga bermanfaat ya...

Rabu, 05 Oktober 2011

Tugas..oh, tugas..

Profesor              : “Minggu ini kalian belum disuruh membaca dari buku 'ini' kan ?"
Mahasiswa           : (serempak) “Belum Prof…”
Profesor              : “Oke..kalau gitu tugas untuk minggu depan, kalian baca dari chapter 3, 
                              lalu bikin summary-nya”

Memasuki bulan ketiga perkuliahan di MM UKSW, yang masih tetap hangat diperbincangkan (atau istilah kerennya ‘trending topic’ – dalam twitter) dengan sesama rekan mahasiswa adalah : TUGAS. Entah itu berupa makalah, paper, summary, presentasi, hingga jurnal. Ada yang dikerjakan secara individu, namun sebagian besar dikerjakan secara berkelompok. Setiap minggu ada saja tugas yang harus dikumpulkan.

Reaksi masing-masing orang saat menerima tugas yang bertubi-tubi tentu berbeda. Ada yang mengeluh, ada yang menggerutu atau orang Jawa bilang ‘nggerundel’, ada yang cuek, ada yang biasa-biasa saja.  Tapi saya percaya mahasiswa MM UKSW angkatan XXIII selalu menerima dan mengerjakan dengan sukacita setiap tugas yang diberikan oleh dosen :)

Apapun bentuknya, tugas yang diberikan oleh para dosen tentu memiliki tujuan dan manfaat yang baik bagi kita. Bukan semata-mata untuk memenuhi persyaratan nilai akhir semester, tapi juga untuk memperdalam pemahaman tentang materi kuliah, mengasah kemampuan berpikir, menganalisa suatu permasalahan, mengutarakan pendapat, berdiskusi, bekerjasama dengan orang-orang lain yang latar belakang dan karakternya berbeda-beda.

Pelajaran menarik yang dapat saya ambil dari sang TUGAS ini, yaitu melatih kita untuk me-manage atau mengelola waktu. Dalam tugas kelompok, kita harus mencari bahan dari buku-buku atau internet, menentukan kapan akan bertemu untuk berdiskusi. Bila dalam 1 hari ternyata belum selesai, berarti harus mengatur waktu lagi untuk diskusi lanjutan. Sampai di rumah atau tempat kost masing-masing, masih ada yang harus dibereskan, misalnya memeriksa ulang hasil ketikan, melengkapi atau memperbaiki yang  salah, mencetak hasil akhir, dan sebagainya. Selesai tugas yang satu, dilanjutkan lagi dengan tugas yang lain, dengan teman kelompok yang berbeda pula. Demikian seterusnya, dan semua itu harus dilakukan dengan cermat di sela-sela waktu kuliah dan aktivitas harian lainnya, agar dapat selesai sesuai dengan date line yang diberikan oleh dosen.

Jadi, terimakasih Pak dan Prof, untuk tugas-tugasnya ! :)

 

10 komentar:

  1. luar biasa teman-teman MM_UKSW Ang XXIII...... ada nuansa tersendiri yang tercipta ketika harus melakukan tugas-tugas kuliah.......
    saya kemudian ingat apa yang disampaikan Kaprogdi MM UKSW..... bahwa jadi mahasiswa itu tidak boleh gemuk...... apakah ini salah satu cara mengatasi kegemukan ya???????????

    BalasHapus
  2. haha.. bisa jadi ya ? saya tidak gemuk, tapi kenyataannya sejak menjalani perkuliahan dan menerima tugas2, berat badan agak berkurang ;)

    BalasHapus
  3. salah 1 fungsi Tugas2 yg diberikan dosen adalah melatih kita untuk lebih bertanggung jawab (hal ini bisa dipraktekan ketika kita lulus, kembali ke dunia kerja)....nice post k'ida.....

    BalasHapus
  4. ya..ya..betul banget Stany, dimulai dari tugas2 kecil dulu ya :)
    thank you..

    BalasHapus
  5. tugas tidak hanya untuk melatih n menambah wawasan kita...tapi dengan tugas kita bisa blajar mengatur waktu kita..dan dngan adanya tugas membuat kita bsa akrab dengan teman2...menciptakan sebuah kelompok kecil...yg saling mengerti,berbagi,dan menolong satu sama lainnya :)

    BalasHapus
  6. Tugas-tugas yg diberikan oleh setiapa Dosen membuat kita semakin rajin untuk membaca buku menulis dan dapat menganalisa. Terima kasih K'ida, untuk catatannya!

    BalasHapus
  7. Tugas......oh tugas....., menurut paket itu salah 1 cara atasi kegemukan, kalau yang udah kurus apa dong......? he he he, smangat kerjakan tugas

    BalasHapus
  8. saya setuju dengan pernyataan ibu ida bahwan tugas yang diberikan bukan semata-mata untuk memenuhi persyaratan nilai akhir semester, tapi juga untuk memperdalam pemahaman tentang materi kuliah, mengasah kemampuan berpikir, menganalisa suatu permasalahan, mengutarakan pendapat, berdiskusi, bekerjasama dengan orang-orang lain yang latar belakang dan karakternya berbeda-beda....

    dengan pola belajar berkelompok menurut saya itu sangat maksimal dan efisien... karena sadar atau tidak pola komunikasi kita dalam kelas formal setiap hari, kita tidak bisa mengenal latar belakang satu dengan yang lain.... dan ini yang saya dapat belajar dari ibu ida dan ibu lusi... terima kasih bunda berdua yang baik hati dan murah senyum.... heheheee....

    BalasHapus
  9. Terima kasih Lia, Selin, Ibu Maya, & Semmy atas komentarnya. Jadi kita sepakat ya bahwa tugas2 dari dosen itu jangan dijadikan beban, tapi harus dipandang secara positif karena mendatangkan kebaikan bagi kita. Jadi..tetap semangat !!
    GBus.. :)

    BalasHapus
  10. Tugas dapat membuat kita belajar lagi dan mengingat apa yg diajarkan oleh dosen,, dengan tugas kita dapat melatih diri kita,, mengerti ataukah blm mengerti??? dan dengan tugas kita dapat dekat dengan teman-teman kita sebab tugas kita kebanyakan tugas kelompok.. heheeeee

    BalasHapus