Welcome to my blog !
Blog ini dibuat sebagai wadah uneg-uneg, pendapat, ide, tips, dan lain-lain. Semoga bermanfaat ya...

Selasa, 25 Oktober 2011

DRUM BAND


Hari Minggu 23 Oktober 2011 yang lalu, Pemkot Salatiga mengadakan lomba baris-berbaris tingkat SMU dan drum band tingkat SD-SMP dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda. Peserta lomba drum band kebanyakan adalah dari SD.
Seminggu sebelum hari ‘H’, dua Sekolah Dasar di lingkungan kompleks kami melakukan latihan drum band setiap pagi. Suaranya terdengar jelas sampai ke rumah. Akibatnya, putra saya yang belum genap berusia 3 tahun selalu merengek dan mengajak saya atau asisten rumah tangga kami untuk melihat latihan tersebut - full selama seminggu, tidak pernah absen menonton ! :) Latihan biasanya dilakukan di lapangan terbuka, di bawah terik matahari pagi. Semua anak berlatih dengan sungguh-sungguh, dan tanpa mengeluh ! Ditilik secara fisik, anak-anak tersebut mungkin masih duduk di bangku kelas 4-6 atau kira-kira berumur 10-12 tahun. Setiap anak melakukan perannya dengan sebaik mungkin agar tidak melakukan kesalahan. Kesalahan satu orang artinya kesalahan seluruh anggota tim drum band, dan itu berarti harus mengulang latihan dari awal.


Hari yang dinantikan pun tiba.. Jujur saja, bukan hanya anak saya yang menunggu-nunggu datangnya hari perlombaan. Saya dan suami juga sebenarnya menikmati acara-acara seperti ini. Jadi kami pun turut heboh melakukan ‘persiapan menonton’ :). Perlombaannya sendiri dilakukan di depan Kodim 0714 dan Makorem 073/Makutarama – di Jalan Diponegoro, lalu usai penjurian peserta lomba menyusuri jalan Diponegoro, Jend. Sudirman, dan berakhir di Lapangan Pancasila. Sepanjang jalan yang akan dilalui iring-iringan peserta lomba telah dipenuhi oleh warga kota Salatiga yang ingin menonton. Tua-muda, anak-anak dan balita, tumpah-ruah di 2 sisi jalan. Sinar matahari yang begitu menyengat tak menjadi kendala. Payung dan topi telah disiapkan, tak ketinggalan sebotol minuman untuk penghilang dahaga.
Animo masyarakat untuk melihat acara seperti ini memang luar biasa. Tak peduli harus menunggu berjam-jam hingga akhirnya iring-iringan lewat di depan mata, tak peduli panasnya sinar matahari, tak peduli harus duduk di jalan atau trotoar atau di manapun, yang penting bisa nonton ! Lagu-lagu yang dibawakan terdengar begitu harmonis, kostum yang dikenakan pun sangat beragam dengan warna-warni menarik. Penonton – terutama anak-anak, ikut larut dalam alunan lagu. Mereka berjoget, atau mengepalkan kedua tangan lalu seolah-olah sedang menabuh drum, menirukan para paserta lomba. Penonton remaja atau dewasa memilih untuk mengabadikan momen ini melalui kamera ponsel atau digital camera. Antusiasme warga Salatiga yang begitu besar, tampaknya turut mendorong semangat peserta lomba yang mungkin sudah lelah luar biasa, namun tetap harus menampilkan pertunjukan yang memuaskan penonton. Para guru dan pelatih khusus dari tiap-tiap sekolah tampak setia mengiringi peserta lomba. Sesekali menyodorkan minuman atau buah segar kepada anak didiknya sebagai pengganti energy yang keluar, sambil terus memberikan semangat.
Waktu terus bergulir, tak terasa hari semakin sore. Sedikit demi sedikit penonton mulai beranjak pergi dan kembali ke rumah masing-masing. Sampai jumpa di lain kesempatan, drum band !!

6 komentar:

  1. Melihat semangat anak-anak memainkan drumbennya,jadi pengen ikutan. Semangat trus buat siswa/i yang ada di kota Salatiga-kota beriman.

    BalasHapus
  2. Kurang info nih....sampai ngak tau kalau ada kegiatan itu......, he he he

    BalasHapus
  3. nice post...kurang info jadi kami ga sempat nonton, hehe...

    BalasHapus
  4. all : thanks ya..ntar kalo ada lagi aku kasih info deh biar nonton bareng, hehe..

    BalasHapus